Srikandi Lintas Iman bekerjasama dengan Pusat Studi dan Pengembangan Perdamaian (PSPP) Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta mengadakan Diskusi Buku karya Al Makin yang berjudul Keragaman dan Perbedaan : Budaya dan Agama dalam Lintas Sejarah Manusia, Kamis 16 Maret 2017 di kampus Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta. Dalam kegiatan tersebut hadir pula sebagai pembicara antara lain Endah Setyowati, M. Si., M.A. (Dosen dan Staf Pusat Studi dan Pengembangan Perdamaian UKDW dan Romo F. X. Baskara Tulus Wardaya, SJ (Direktur Pusat Studi Demokrasi dan Masyarakat Universitas Sanata Dharma Yogyakarta).

Acara yang dimoderatori oleh Nur Ibrahim ini membedah buku karya Al Makin yang baru terbit 2016 lalu. Buku tersebut berupaya membongkar sejarah manusia dan menemukan bahwa Agama tidak hidup di ruang kosong. Artinya sudah merupakan kesadaran melekat bahwa Agama hidup bersama dengan Pergumulan Budaya yang ada di sekitarnya. Terlebih dari itu Agama hidup di ruang realitas yang hidup di sekitarnya. Dengan memahami dinamika sejarah ini, penulis ingin mengajak pembacanya tidak untuk mencari persamaan tetapi untuk menghargai perbedaan.

“Untuk membangun dialog, saya rasa penting untuk mencari titik perbedaan secara jujur. Dari situlah kita kemudian saling menghargai,” ungkap Al Makin.

Dalam sesinya Romo F. X. Baskara Tulus Wardaya dan Endah Setyowati, M. Si., M.A. mengapresiasi buku karya Al Makin untuk mengingatkan kembali bagaimana perbedaan di masyarakat Indonesia adalah hal yang biasa dan sudah ada sejak dulu. Interaksi budaya dan agama yang beragam sudah seharusnya dilihat sebagai kekuatan untuk membangun perdamaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *